OSIS 19 – 20, Sekbid I

Hukum meninggalkan shalat di masjid saat terjadi wabah penyakit


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pemerintah menghimbau masjid di Indonesia untuk ditutup sementara. Lalu muncul pertanyaan “apakah kita wajib menaati himbauan pemerintah tang melarang shalat di masjid? ” jawabannya adalah iya, kita wajib menaatinya karena pemerintah mengambil keputusan sesuai dari fatwa mufti seperti MUI

Selain itu, Meninggalkan shalat berjamaah di masjid dan shalat jumat pada masa tersebarnya wabah penyakit atau tho’un adalah sunnah Rasullulah SAW. Sesuai sabda beliau

إِذَا سَمِعْتُمْ بِالطَّاعُونِ بِأَرْضٍ فَلَا تَدْخُلُوهَا وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلَا تَخْرُجُوا مِنْهَا “Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.” (HR. al-Bukhari)

Islam mengajarkan kita untuk bersikap yang di tengah-tengah (Tawasuth). Prinsip islam dalam keyakinannya selalu berjalan di pertengahan, tidak meremehkan dan tidak pula berlebihan.
Allah SWT berfirman :

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ “Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu” (Al-Baqarah : 185)

Namun meskipun prinsip Islam itu mudah, bukan berarti kita bebas mencari-cari yang mudah saja serta menafsirkan tawasuth sesuai dengan akal kita semata. Termasuk dalam menyikapi isu virus Covid-19 yang terjadi sekarang ini, islam tidak menyuruh kita untuk stress dan takut tapi juga tidak menyuruh untuk tidak berhati-hati.

Benar, Kita tidak boleh takut kepada virus corona, karena takut hanya kepada Allah SWT, tapi bukan berati kita tidak waspada terhadap penyebaran nya.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan saat melaksanakan sholat berjamaah :

lakukan physical distancing dengan merenggangkan saf sholat, hindari salaman, hindari menelungkupkan tangan ke wajah, bawa sajadah dari rumah, setelah pulang cuci tangan dan ganti pakaian

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *