Pilkasis (Pemilihan Ketua Osis) merupakan salah satu acara besar yang diselenggarakan oleh SMAN 2 Kuningan. Sesuai dengan namanya, acara ini bertujuan untuk memilih salah satu kandidat dari Calon Ketua OSIS, yang nantinya ditetapkan sebagai Ketua OSIS yang baru dan menggantikan Ketua OSIS yang lama.

Acara ini biasanya dilakukan diwaktu yang sama setiap tahunnya, yaitu di bulan Agustus. Pilkasis merupakan acara yang terselenggara untuk melatih demokrasi bagi para siswa-siswi, agar dapat memilih calon pemimpin yang baik bagi masa depan SMAN 2 Kuningan. Tahun ini SMAN 2 Kuningan akan menyelenggarakan Pilkasis pada Kamis, 13 Agustus 2020.

Pada tahun 2019, Pilkasis dilaksanakan menggunakan pemilihan berbasis teknologi yang dilaksanakan di sekolah. Namun pemilihan tahun ini akan sedikit berbeda dengan Pilkasis sebelum-sebelumnya dikarenakan ada wabah virus Covid-19.

Para guru dan murid-murid memilih calon ketua OSIS di rumah masing-masing menggunakan website khusus yang telah disediakan oleh panitia, karena akan sangat berbahaya apabila para guru dan murid-murid berkumpul di sekolah hanya untuk mengikuti Pilkasis.

Untuk Calon Ketua Umum ada 4 kandidat calon. Nomor urut 1 yaitu Farid Yafi Suwandi, nomor urut 2 yaitu Nofal Faizzaki, nomor urut 3 yaitu Irsyad Lukmanul Hakim, dan yang terakhir nomor urut 4 yaitu Anjar Adi Wicaksono. Sedangkan untuk calon ketua dua ada 3 kandidat terpilih. Nomor urut 1 yaitu M. Fayyadh Rasendriya, Nomor urut 2 yaitu Galih Agung Maulana, dan nomor urut 3 yaitu M. Sakti Daniel A.

Beberapa perwakilan guru dan murid menjadi saksi saat penghitungan pemilihan suara yang berlangsung setelah pemungutan suara selesai. Penghitungan suara ini dilaksanakan di Auditorium SMAN 2 Kuningan. Setelah penghitungan suara selesai, ada tiga kandidat yang ditetapkan sebagai Ketua Umum, Ketua 1, dan Ketua 2.

Kandidat yang terpilih sebagai Ketua Umum adalah Farid Yafi Suwandi dengan peroleh 463 suara, dan kandidat yang terpilih menjadi Ketua 1 adalah Anjar Adi Wicaksono dengan perolehan 285 suara, sedangkan kandidat yang terpilih menjadi Ketua 2 adalah Galih Agung Maulana dengan perolehan 461 suara.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *